SELAMAT DATANG PEMBUKA

HAI TEMAN-TEMAN NAMAKU NAUFAL, NAMA LENGKAPKU NAUFAL RAMADHAN SETIAWAN, AKU MEMBUAT BLOG INI UNTUK MENDIDIK, INSYALLAH MENDIDIK BANGSA INDOENESIA. AKU AKAN MEMASUKKAN SEJARAH-SEJARAH MUSEUM INDONESIA,TENTANG BIOLOGI,FISIKA DAN LAINNYA. TEMAN-TEMAN YANG MEMBUKA BLOG INI TOLONG KLIK LIKE YA........... SUPAYA BLOG INI BISA JAYA SEPERTI NEGARA INDONESIA INI.
TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA TULISAN INI,SEKALI LAGI TERIMA KASIH.ASSALAMUALAIKUM.WR.WB

Sabtu, 07 Juli 2012

SEJARAH MUSEUM BAHARI

Museum Bahari adalah museum tempat pembelajaran sejarah yang menyimpan historis perjalanan tentang kebaharian dan kenelayanan bangsa Indonesia dari Sabang sampai Marauke. Bangsa Indonesia memiliki suku-suku bangsa yang mendiami wilayah Nusantara, sejatinya bangsa ini memanglah keturunan pelaut yang ulung. 

Dalam keterangan pustaka yang penulis dapatkan di Museum Bahari. Para penututr Bahasa  Austronesia merupakan penakluk lautan dari selatan. Penyebaran rumpun bahasa Austronesia di wilayah-wilayah yang membentang antara Philipina hingga Selandia Baru, dan Madagaskar hingga Eastern Island, menjadi bukti ketangguhan mereka ribuan tahun lalu, belayar mengarungi Laut Cina Selatan, Samudera Indonesia dan Samudera Pasifik



Mewarisi tradisi para leluhur bangsa Indonesia yang memiliki dinamika kehidupan masyarakat negeri ini, jiwa dan semangat bahari begitu lekat tertanam. Kebudayaan bangsa ini terbentuk dari cara pandang kita, adaptasi dan orentasinya terhadap lingkungan laut dan pantai.

Sejarah panjang Nusantara Indonesia merupakan sejarah tentang kelautan. Kebaharian yang tidak pernah absen dalam perjalanan masa. Wilayah Indonesia yang dulu pernah berjaya di bawah panji-panji Sriwijaya dan Majapahit, dua kerajaan maritim terbesar yang pernah ada. Namun, ketika laut mulai diabaikan, Nusantara pun terburuk dalam derita kolonialisme yang tidak terlupakan. Sejarah memberikan sebuah pembelajaran kita tentang ini semua.

Rekam jejak penulis di gedung Museum Bahari dapat membuka cakrawala untuk mendapatkan pembelajaran tentang sejarah kemaritiman. Di kawasan Museum Bahari kita dapat menemukan Menara Syahbandar yang  merupakan kubu pertahanan (culembong) VOC pada masa penjajahan. Tidak jauh dari tempat ini kita dapat menemukan kanal-kanal dan gudang-gudang lain yang dibangun pada abad ke-18 dan ke-19 Masehi. Di sebelah utaranya terdapat perkempungan dan Mesjid Luar Batang.

Keragaman suku bangsa memperlihatkan pula keragaman budaya baharinya. Perahu-perahu tradisional setiap daerah memiliki kekhasannya masing-masing. Begitu pula perlengkapan penangkapan ikannya. Di Museum Bahari semua itu tersaji lengkap. termasuk koleksi-koleksi yang berhubungan dengan teknologi pelayaran (pembuatan kapal dan sistem navigasi), keragaman hayati laut, kesejarahan pelabuhan Jakarta, pelayaran kapal uap Indonesia - Eropa. Dan di Museum Bahari yang menyimpan koleksi 126 benda-benda sejarah kelautan, terutama kapal dan perahu-perahu niaga tradisional. Di antara puluhan yang dipajang terdapat 19 koleksi perahu asli dan 107 buah miniatur, dan foto-foto serta biota laut lainnya.

Museum Bahari merupakan salah satu monumen kebaharian sejarah Indonesia yang bernilai sejarah dunia yang terdapat di sudut Kota Jakarta.WisataKotatua di Ibu Kota Jakarta merupakan perjalanan wisata yang sangat mengasyikkan, penuh edukatif akan sebuah nilai sejarah Jakarta dan sejarah bangsa Indonesia Bagi Anda yang akan melakukan perjalanan wisata sejarah dengan mengunjungi objek wisata sejarah yang ada di Jakarta, kami menyarankan agar Anda dapat memilih dan menggunakan biro perjalanan sejarah bukan hanya yang menawarkan sebuah paket perjalanan wisata dengan harga spesial murah dan terjangkau, namun Anda juga berhak mendapatkan pelayanan secara profesional yang didukung dengan informasi objek wisata dengan tenaga akhli yang berpengalaman, berwawasan luas serta menguasai objek tersebut dan terakreditas oleh Dinas Pariwisata Indonesia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar